fajarnews

Marak Penipuan CPNS, BKD Layangkan Surat Edaran

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 24 Januari 2017 | 08:00 WIB

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Indramayu melayangkan surat imbauan tertanggal 17 Januari 2017. Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kepala sekolah se-Kabupaten Indramayu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Indramayu, Eddy Mulyadi mengatakan, surat imbauan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi penipuan oleh oknum tertentu terkait pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Banyak aduan dari masyarakat soal pengangkatan PNS. Mereka menjanjikan bisa mengupakan menjadi PNS melalui jalur tertentu dengan imbalan sejumlah uang. Kami meminta kepada masyarakat untuk tidak melayani oknum yang mengaku bisa memuluskan jalan menjadi PNS," kata dia.

Terkait pengangkatan PNS di Kabupaten Indramayu, Eddy Mulyadi telah memberikan sinyal bahwa dalam waktu dekat ini, belum ada lowongan bagi Calon PNS baru. Hal itu didasari atas kebijakan pemerintah pusat. "Sesuai kebijakan pemerintah pusat tentang moratorium atau pemberhentian sementara penerimaan CPNS baru di lingkup Pemkab Indramayu,” katanya.

Meskipun demikian, tidak berarti pemerintah pusat meniadakan sama-sekali penerimaan calon PNS. Penerimaan CPNS masih dimungkinkan tetapi hanya untuk Guru Garis Depan (GGD) yang letaknya bukan di Kabupaten Indramayu atau di Pulau Jawa. Akan tetapi akan dilakukan di Luar Pulau Jawa seperti di daerah perbatasan negara. "Untuk formasi Calon Guru Garis Depan (GGD) itu adanya di daerah perbatasan di luar Pulau Jawa. Untuk Indramayu tidak ada," katanya.

Sementara itu, soal formasi Pegawai Tidak Tetap (PTT) bidang Kesehatan pengangkatan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan. Surat edaran yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Indramayu mendapatkan respon dari sejumlah kalangan.

Anggota DPR RI, Daniel Muttaqien Syafiuddin mengatakan, masyarakat diminta untuk tidak mempercayai oknum yang mengaku bisa memuluskan jalan menjadi PNS.

"Kepada masyarakat Kabupaten Indramayu untuk mewaspadai segala bentuk penipuan terkait dengan perekrutan PNS atau pun perekrutan pegawai-pegawain BUMD di wilayah Kabupaten Indramayu. Banyak kejadian dengan mengiming-imingi sesuatu, untuk dapat menjadikan seseorang menjadi CPNS ataupun pegawai BUMD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Indramayu dengan membawa nama bupati atau pun pejabat setempat," kata dia.

Masyarakat diharapkan bisa pro aktif dan melaporkan secara hukum apabila ada oknum-oknum yang bertindak demikian dengan disertai bukti serta fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

IHSAN

 

Loading Komentar....
loading...