fajarnews

Mahasiswa PGSD Uniku Dilatih UKS

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Sabtu, 14 Januari 2017 | 13:30 WIB

SOPANDI
Mahasiswa PGSD Universitas Kuningan serius menyimak narasumber yang menyampaikan materi Diklat UKS. Acara itu dilaksanakan di Gedung Student Center Uniku

Fajarnews.com, KUNINGAN - Guna meningkatkan pemahaman dan pengelolaan Usaha Kesahatan Sekolah (UKS), mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan mengikuti Diklat UKS. Acara itu dilaksanakan di Gedung Student Center Iman Hidayat, Jum’at (13/1).

Diklat itu mengusung tema peningkatan pemahaman dan pengelolaan UKS serta pertolongan pertama yang berkualitas dan professional. Melalui diklat, para mahasiswa diarahkan supaya memiliki pemahaman yang mendalam mengenai UKS dan tata cara pengelolaannya.

“Ini agenda tahunan yang rutin kami selenggarakan. Untuk memaksimalkan kegiatan, tahun ini kami hadirkan tiga narasumber yang kompeten dibidangnya. Baik dari Dinas Kesehatan maupun dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan,” kata Arrofa Acesta, selaku ketua pelaksana kegiatan.

Menurutnya, sebagai calon guru SD, masing-maisng mahasiswa harus terus meningkatkan pemahaman tentang tata cara pengelolaan UKS dan pertolongan pertama. Hal itu sangat penting dilakukan untuk menunjang pelayanan ketika nanti menjadi seorang tenaga pendidik di masing-masing sekolahnya.

Senada dengan Arrofa, Ketua Prodi PGSD, Pupu Saeful Rahmat menerangkan, masing-masing narasumber memaparkan materi yang sudah ditetapkan dalam diklat. Tiga materi yang berbeda disampaikan oleh masing-masing ahli. Mulai dari tentang ke-UKS-an, prilaku hidup sehat dan bersih, dan materi lainnya.

“Ketiga narasumber menyampaikan tiga materi yang berbeda sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mudah-mudahan, selain mumpuni dalam bidang keguruan, para mahasiswa juga mumpuni dalam kegiatan intrakurikuler seperti pramuka dan UKS,” jelasnya.

Dia menegaskan, UKS di setiap sekolah didirikan untuk menolong murid dan warga yang sakit di lingkungan sekolah. Karena itu, menurutnya, keberadaan lembaga itu harus benar-benar dikelola dengan baik dan professional.

“Karena itu, melalui Diklat UKS ini mudah-mudahan para mahasiswa kami mampu memahami dan mengaplikasikan ilmunya. Saat mengabdi nanti, mudah-mudahan mereka hadir dan memberikan manfaat. Baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun siswa dan masyarakat di lingkungan sekolah,” kata Pupu.

SOPANDI

Loading Komentar....
loading...