fajarnews

Sebagian PNS Hanya Terima Gaji Pokok, Anggota DPRD Belum

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Rabu, 11 Januari 2017 | 07:30 WIB

-
Ilustrasi PNS

Fajarnews.com, CIREBON - Keterlambatan pembayaran gaji pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota DPRD di Kota Cirebon semakin berlarut-larut, bahkan sejauh ini sejak per tanggal 1 Januari lalu belum ada pemberitahuan secara resmi dari Pemerintah Kota Cirebon kapan pembayaran gaji pegawai dan anggota DPRD.

Berdasarkan informasi, sebagian PNS di lingkungan Pemkot Cirebon itu sudah ada yang menerima gaji dan masih banyak yang belum menerima. Hal itu membuat PNS yang belum menerima gaji bulan ini mengeluh. Bahkan, anggota DPRD Kota Cirebon pun menyesalkan keterlambatan gaji tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Padahal setiap bulannya, sebagian besar anggota DPRD menyisihkan gajinya untuk kebutuhan konstituen.

Salah satu anggota DPRD Kota Cirebon, Jafarudin menyesalkan atas keterlambatan gaji PNS dan anggota DPRD di bulan Januari ini. Apalagi, keterlambatan itu sama sekali tidak ada pemberitahuan secara resmi oleh Pemkot Cirebon. Sehingga setiap harinya anggota DPRD dan PNS terpaksa mengecek ke ATM apakah gajinya sudah diberikan atau belum.

“Saya pribadi bingung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ditambah gaji yang saya terima itu banyak untuk kebutuhan konstituen. Saya juga sering menerima keluhan dari PNS yang bolak-balik ke mesin ATM karena menunggu gaji. Kenapa masalah keterlambatan gaji ini bisa berlarut-larut, kenapa tidak ada pemberitahuan di akhir Desember lalu,” keluh Jafar kepada “Fajarnews.com”, Selasa (10/1).

Sementara, salah seorang PNS yang sudah menerima gaji pada pekan lalu, hanya menerima gaji pokok tanpa disertai dengan tunjangan. Belum diterimanya tunjangan PNS dialami para guru SMA dan SMK se-Kota Cirebon yang statusnya dialihkan sebagai PNS Provinsi Jawa Barat. Informasi yang dihimpun, setidaknya 870 guru berstatus PNS Provinsi Jabar yang bertugas di Kota Cirebon ini tak menerima tunjangan profesi pendidik (TPP).

“Kami sudah menerima gaji ditransfer melalui rekening bank. Tapi hanya gaji pokok, tidak ada tunjangan profesinya,” ujarnya.

Dirinya mengaku kebingungan untuk menutupi kekurangan kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi kondisi saat ini rata-rata harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Dirinya berharap agar tunjangan bisa segera dicairkan, meskipun waktu pencairan terlambat.

Diketahui, sebagian PNS di Kota Cirebon sudah menerima gaji sejak Jumat (6/1) lalu, akan tetapi sebagian belum terbayarkan karena proses pencairan gaji diserahkan kepada masing SKPD. Sementara untuk pengajuannya, SKPD membutuhkan waktu dua pekan agar gaji bisa dicairkan. “Saya berharap TPP bisa cepat cair, telat juga engga apa-apa,” keluhnya.

Belum diberikannya tunjangan juga dialami PNS non-guru di Kota Cirebon, khususnya berupa tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) yang dialokasikan dari daerah. Anggota Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Cirebon Iing Daiman mengatakan, TPP dari daerah belum bisa diberikan bersamaan dengan gaji karena perlu menyesuaikan dengan SOTK baru yang diberlakukan per 1 Januari lalu.

“TPP paling lambat akan dicairkan pekan ini. kalau pun belum bisa dicairkan juga, tunjangan dicairkan pekan depan. Tunjangan itu diberikan tidak sampai akhir Januari,” katanya.

WILDAN

Tags: Gaji PNS
Loading Komentar....
loading...