fajarnews

Pimpinan Baznas Kota Cirebon Periode 2016-2021 Resmi Dikukuhkan

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Jumat, 6 Januari 2017 | 12:30 WIB

HASAN
Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi membacakan sumpah pengukuhan pimpinan Baznas

Fajarnews.com, CIREBON - Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon periode 2016-2021 resmi dikukuhkan oleh Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi di Ruang Adipura Kencana Balaikota Cirebon, Kamis (5/1).

Acara pengukuhan tersebut selain dihadiri Sekda Kota Cirebon Asep Dedi, dihadiri juga Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat Arif Ramdhani dan beberapa Kepala Dinas di lingkungan Kota Cirebon serta undangan lainnya.

Pengurus Baznas Kota Cirebon yang baru tersebut kini menerapkan komposisi 5 orang unsur pimpinan. Hal ini berbeda dengan komposisi sebelumnya yang hanya diisi oleh 1 pimpinan. Kelima orang tersebut merupakan hasil seleksi dari proses rekrutmen yang diumumkan secara terbuka beberapa waktu lalu.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat Arif Ramdhani dalam sambutannya mengatakan, dirinya bersyukur atas pengukuhan pimpinan Baznas Kota Cirebon. Karena menurutnya, proses penyeleksian dan pemilihan pimpinan ini memakan waktu yang cukup panjang, bahkan sampai berganti walikota.

“Saya mengikuti sejak awal proses seleksi, kemudian dibatalkan terus dilanjutkan lagi. Tetapi Alhamdulillah sekarang sudah dikukuhkan, semoga pimpinan Baznas yang baru bisa melaksanakan amanah dan tugas-tugasnya penuh dengan tanggungjawab serta bisa membawa Baznas Kota Cirebon menjadi lembaga yang lebih professional dan lebih akuntabel,” ucap Arif.

Arif menuturkan lebih lanjut, zakat merupakan rukun Islam yang memiliki cakupan dimensi yang luas, mulai dari aspek keimanan, ekonomi dan aspek sosial. Sehingga, zakat ini sebagai rukun Islam memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan mulia bagi kaum muslimin.

“Zakat sekarang sudah menjadi urusan Negara, zakat sudah menjadi perhatian dan sudah menjadi bagian yang penting bagi sistem negara kita, mudah-mudahan dengan adanya Peraturan Pemerintah No.14 Tahun 2014, semoga penghimpunan zakat bisa dioptimalkan dan pendistribusian serta pendayagunaannya,” jelas Arif.

Sekda mengatakan, semoga dengan pengurus Baznas yang baru ini, dapat mengatur zakat dengan baik, dengan pengelolaan yang baik, sehingga potensi-potensi zakat dapat lebih banyak lagi yang masuk. Dikatakannya, zakat ini sebagai salah satu pemberdayaan masyarakat, terutama membantu fakir miskin.

“Baznas ini kan resmi, yang diatur oleh undang-undang, saya mengimbau bagi masyarakat yang mampu agar membayar zakat, Insya Allah, karena ini potensi, untuk para PNS di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon, karena mereka wajib zakat, ke depan akan ada Perwali mengenai zakat ini,” pungkasnya.

HASAN HIDAYAT

Tags: Baznas
Loading Komentar....
loading...