fajarnews

Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Natal dan Tahun Baru

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 24 Desember 2016 | 08:00 WIB

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Sebanyak  567 personel gabungan yang terdiri dari anggota  Polri, TNI serta, Dishub, dan Satpol PP Kabupaten Indramayu  dikerahkan untuk memberikan pengamanan pada perayaan Natal dan tahun baru 2017. Hal itu terungkap dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2016 di Alun-alun Indramayu, Kamis (22/12).

Apel gelar pasukan Operasi Lilin  Lodaya 2016 tersebut untuk mengantisipasi ancaman teror serta potensi keamanan pada perayaan Natal dan tahun baru khususnya di jalur Pantura Kabupaten Indramayu. Kapolres Indramayu, AKBP Eko Sulistyo Basuki mengatakan bahwa gelar pasukan ini dilakukan untuk  mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Indramayu saat perayaan Natal dan tahun baru nanti.

“Tercatat  ada 567 personel terdiri anggota Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang disebar untuk melakukan pengamanan Natal dan tahun baru,” ujarnya.

Pengamanan Natal nanti, lanjutnya, akan dilakukan semaksimal mungkin dengan memperhatikan kondisi sasaran baik ring satu dua, dan tiga akan dilakukan sterilisasi, sehingga betul-betul memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru.

“Ada 17 pos pengamanan dan empat pos pelayanan yang tersebar di beberpa titik dengan sasaran utama kegiatan masyarakat dalam merayakan Natal dan tahun baru 2017,” ungkapnya.

Untuk pola pengamanan,  pihaknya akan melakukan pola dinamis  dan starkis  yang disiagakan di sejumlah tempat yang diduga rawan terjadi tindak kejahatan. “Pola starkis ini nanti kita terapkan untuk melakukan pengamanan di 33 gereja  di Kabupaten Indramayu saat berlangsungnya perayaan Natal, sedangkan untuk pola dinamis  diterapkan  dengan cara patroli rutin di sejumlah tempat yang disinyalir berpotensi mengganggu kamtibmas seperti di sejumlah obyek wisata,” imbuhnya.

Selain melakukan pengamanan terpadu di gereja, pihaknya juga akan melakukan pengamanan secara intensif di jalur pantura Indramayu demi mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan pada perayaan tahun baru, dimana volume kendaraannya diprediksi akan meningkat.

“Sesuai dengan arahan pimpinan kita tidak akan membolehkan sweeping terhadap ormas atau elemen tertentu terutama yang memberikan ketidaknyamanan pada saat perayaan Natal dan tahun baru,” ungkapnya.

Bupati indramayu, Hj Anna Sophanah mengatakan, apel gelar pasukan Lilin Lodaya 2016 dalam rangka mengantisiapasi ramainya Natal dan tahun baru dan pihaknya siap untuk melakukan pengamananan. “Ada 17 titik. Polisi tentara, kemudian Dinas Perhubungan, Satpol PP dilibatkan semua ini dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan dan Insyaallah tidak ada masalah,” pungkasnya. 

AGUS SUGIANTO

Loading Komentar....
loading...