fajarnews

Hanya di Kota Ini Angkot Dilengkapi Perpustakaan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 17 Desember 2016 | 09:15 WIB

Irgun
Salah satu angkot pintar (antas) yang dilengkapi perpustakaan yang akan menemani penumpang selama dalam perjalanan.*

Fajarnews.com, BANDUNG- Beberapa Angkutan Kota (Angkot) di Kota Bandung kini dilengkapi dengan rak yang berisikan buku-buku bacaan bagi para penumpangnya.? Hal tersebut dilakukan agar selama di perjalanan penumpang bisa sambil membaca buku di angkot yang diberi nama Angkot Pintar (Antar) itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, Angkot Pintar (Antar)  sendiri terinspirasi dari Perpustakaan Angkot yang digagas seorang sopir angkot di Soreang. Kemudian, pihaknya bekerjasama dengan Komunitas Rindu Menanti mencoba mengadaptasi angkot tersebut.

“Jadi ini launching Angkot Iintar (Antar) yang terinspirasi oleh angkot Soreang-Leuwipanjang dari Kang Fahmi. Kita ingin jadi gerakan masif," ujar Didi disela peluncuran Angkot Pintar (Antar) di Taman Vanda, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat (16/12).

Untuk saat ini baru ada sekitar 14 angkot di Kota Bandung yang telah dilengkapi perpustakaan mini.? Keempat belas Angkot Pintar (Antar) tersebut yakni trayek Margahayu-Ledeng lima unit, Kalapa-Ledeng tiga unit, Sederhana-Cimindi enam unit.

Dikatakan Didi, Angkot Pintar tersebut hadir sebagai tujuan untuk membangun budaya literasi. Selain itu, buku-buku di Angkot Pintar juga berfungsi untuk memakmurkan angkot agar masyarakat kembali berminat untuk naik angkot atau kendaraan umum lainnya.

“Jadi bukan hanya membuat angkot menjadi ramai, tapi berfaedah. Ini salah satu program kita untuk meningkatkan daya tarik angkot," katanya.

Di tempat sama, anggota Komunitas Rindu Menanti, Rosihan Fahmi mengatakan, Angkot Pintar tersebut sebetulnya sudah hadir sejak 2 Desember 2015 lalu.

“Saat itu baru ada lima angkot yang dilengkapi buku, sementara untuk bukunya berasal dari donator,” kata Fahmi.

Menurutnya, buku-buku yang ada di angkot saat ini masih beragam, namun dari poling yang dibuat Dishub Kota bandung yang paling diminati adalah buku-buku ringan.

 “Yang paling banyak diminati, buku-buku komik yang tidak tebal dan buku motivasi," ucap Fahmi. (Irgun)

Loading Komentar....
loading...