fajarnews

Linmas se-Kecamatan Ligung Dibekali Wawasan Siaga Bencana

Redaksi : Andriyana | Jumat, 21 Oktober 2016 | 01:01 WIB

MUNADI
Linmas diberi pembekalan dalam hal mengatasi bencana yang terjadi dilingkungan desanya


Fajarnews.com, MAJALENGKA -  Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-wilayah  Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka diberikan wawasan kesiagaan terhadap lingkungan, baik dalam hal keamanan maupun dalam hal tanggap terhadap suatu bencana.

Menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pramong Praja membekali Linmas dalam bentuk materi maupun tata cara menghadapi suatu bencana.

Kasat Pol PP Majalengka H. Iskandar Hadi Priyanto melalui Kabid Linmas Eti Hermawati menjelaskan, kegiatan ini adalah dalam rangka pemberian materi dan tata caca menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat.

Linmas tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan saja, namun tugas lainpun masih banyak yang harus dihadapi.

"Tugas Linmas kedepan akan lebih banyak. Selain menjaga keamanan dan ketertiban, anggota linmas harus tanggap terhadap darurat bencana. Makanya dalam kegiatan ini BPBD turut dilibatkan," ujarnya kamis (20/10).

Untuk keberhasilan tugas linmas dibutuhkan peran serta dari semua unsur masyarakat. Anggota linmas diwajibkan mengetahui nomor nomor penting yang mudah dihubungi ketika menemukan permasalahan di lapangan.

"Segera hubungi instansi terdekat seperti koramil dan polsek terdekat ketika ada hal hal yang sifatnya memerlukan bantuan. Sehingga kejadian ditengah masyarakat dalam bentuk apapun akan segera mudah ditangani," kata Kadid Eti.

Sedangkan Naskim, salah seorang Linmas dari Desa Ligung merasa senang dengan adanya pembekalan Linmas ini.

"Saya senang ada kegiatan pembekalan semacam ini. Bila perlu gandeng juga pihak pihak yang menerangkan permasalahan hukum. Nantinya anggota Linmas dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat sehingga hal hal yang mengarah ke perbuatan kriminal akan bisa ditekan," papar Naskim.

MUNADI

Loading Komentar....
loading...