fajarnews

10 Warga Binaan Lapas Kesambi Ikut Jambore Kemanusiaan

Redaksi : Andriyana | Senin, 10 Oktober 2016 | 03:26 WIB

WILDAN
Peringatan Hari Dharma Karya Dhika memberikan kesan haru antara warga binaan dengan sanak keluarga yang ramai-ramai mendatangi ke Lapas Kelas 1 Kesambi, Minggu (9/10)

Fajarnews.com, CIREBON - Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas I Kesambi Kota Cirebon bakal turut ambil bagian pada acara Jambore Kemanusiaan Nasional di Garut pada Rabu hingga Jumat, (12-14/10) mendatang.

Rencananya, Lapas Kelas I Kesambi bakal mengirimkan 10 warga binaan untuk terlibat kegiatan sosial antar warga binaan se-nasional.

Kepala Lapas Kelas I Kesambi, Taufiqurrahman mengatakan, kegiatan bernuansa menujukkan rasa saling berbagi antar sesama itu, 10 warga binaannya akan bergabung dengan warga binaan dari lapas lain.

Menurutnya Jambore Kemanusiaan Nasional itu dapat membentuk karakter sikap dan mental warga binaan menjadi lebih baik.

"Kami akan mengirim 10 warga binaan dari Lapas Kesambi pada Jambore Kemanusiaan Nasional di Garut nanti. Saya berharap, dari kegiatan itu warga binaan mampu bersosialisasi dengan baik dan mendapat manfaat dari kegiatan itu," ungkapnya usai kegiatan peringatan Hari Dharma Karya Dhika, Minggu (9/10).

Dijelaskan Taufiq, kegiatan Jambore Nasional Kemanusiaan di Garut itu,  10 warga binaannya akan mengikuti kegiatan sosial. Jambore Kemanusiaan Nasional itu dikemas dengan kegiatan sosial sehingga dapat memberikan dampak positif bagi sikap dan perilaku warga binaan.

Karena kegiatan Jambore Kemanusiaan ini melibatkan warga binaan dari lapas lain. Diejalaskan, satu tim terdiri dari 10 orang anggota pramuka yang tercatat masih menjadi warga binaan. Masing-masing tim diberi kesempatan untuk membantu para korban banjir Garut yang terjadi beberapa pekan lalu.

Dengan begitu, semangat sosial dan saling menolong kepada sesamanya akan tumbuh. "Warga binaannya yang mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan di Garut itu, ditunjuk langsung oleh pihak petugas lapas. 10 orang itu dianggap layak ikut kegiatan Jambore Kemanusiaan," kata Taufiq.

Jambore Kemanusiaan nanti, kata Taufik ada kegiatan kompetisi antar lapas, seperti perlombaan tentang kekompakan, serta ada pula pameran kerajinan. Hal tersebut tentu akan menjadi pengalaman berharga bagi para warga binaan.

"Kegiatan Jambore Kemanusiaan, selain membangun karakter warga binaan, dapat juga memberikan penguatan jiwa sosial," ujarnya.

Sementara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika memberikan kesan haru antara warga binaan dengan sanak keluarga yang ramai-ramai mendatangi ke Lapas Kelas 1 Kesambi.

Taufiq menjelaskan, di Hari Hari Dharma Karya Dhika ini, sejumlah keluarga diperbolehkan untuk menjenguk warga binaan.

“Ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh lembaga permasyarakatan di Indonesia. Perayaan tahun ini temanya satu hari bertemu warga binaan,” ujarnya.

WILDAN IBNU WALID

Loading Komentar....
loading...