fajarnews

Kesampingkan Perselisihan Presiden China Sampaikan Simpati Atas Gempa Jepang

Redaksi : Eko Purnomo | Selasa, 19 April 2016 | 13:12 WIB

LP6
Ilustrasi Gempa

Fajarnews.com, BEIJING - Dengan mengesampingkan perselisihan di antara dua negara, Presiden China Xi Jin-ping mengirimkan pesan duka kepada Kaisar Jepang atas serangkaian gempa bumi yang mengguncang Jepang dalam beberapa hari terakhir.

Xi mengaku terkejut atas berita gempa yang menyebabkan hilangnya nyawa dan kerusakan fasilitas lainnya, kata Kementerian Luar Negeri China, Senin.

Dia menyatakan duka yang mendalam kepada para keluarga yang ditinggalkan dan para korban luka serta berharap rakyat Jepang bisa mengatasi kesulitan-kesulitan mereka dan membangun kembali rumah-rumah mereka.

Gempa bumi yang kekuatannya mencapai 7,3 Skala Richter itu mengguncang Pulau Kyushu di wilayah baratdaya Jepang sejak Kamis lalu menewaskan sedikitnya 42 orang dan memaksa sejumlah perusahaan besar menutup pabrik mereka.

China sebagai negara ekonomi terbesar kedua di dunia dan Jepang sebagai negara terbesar ketiga memiliki sejarah politik yang rumit. Hubungan keduanya tegang karena sejarah serangan Jepang terhadap China pada Perang Dunia II dan konflik klaim atas gugusan pulau tak berpenghuni di Laut China Timur.

Akhhir-akhir ini hubungan mencair melalui pertemuan antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Xi. Namun Beijing masih menaruh kecurigaan besar terhadap Jepang, terutama sikap Abe yang mengizinkan militer Jepang bertempur di luar negeri untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II.

Sementara itu, sekitar 30.000 orang dari regu penyelamat memeriksa reruntuhan untuk mencari orang-orang yang masih hidup dan membagi-bagikan makanan kepada mereka yang tak dapat kembali ke rumah-rumahnya yang rusak akibat gempa sejak Kamis. Gempa terbesar melanda dekat kota Kumamoto pada Sabtu pagi, lapor Reuters.

"Masih ada orang-orang yang hilang. Kami ingin melanjutkan usaha-usaha kami menyelamatkan orang-orang dan memberi prioritas pada mereka yang hidup," kata Perdana Menteri Shinzo Abe kepada parlemen, dengan menambahkan ia ingin menyatakan kawasan itu sebagai zona bencana untuk membebaskan dana-dana rekonstruksi.

Regulator atom Jepang menyatakan tiga fasilitas nuklirnya di kawasan itu aman, memberikan rasa nyaman kepada sebuah negara yang masih dihantui rasa takut oleh bencana nuklir Fukushima pada 2011 akibat gempa bumi dan tsunami.

Semua penerbangan komersial ke bandar udara Kumamoto yang rusak dibatalkan dan kereta api cepat Jepang ke kawasan itu ditangguhkan.

Pasokan makanan relatif masih sedikit karena jalan-jalan masih terputus oleh tanah longsor. Mereka yang telah dievakuasi membuat sinyal SOS di satu taman sekolah, dengan harapan mendapat perhatian helikopter-helikopter pemasok, media Jepang melaporkan.

"Kemarin saya hanya makan sepotong tofu dan nasi gulung," kata walikota salah satu kawasan yang terkena dampak gempa bumi. "Apa yang paling dicemaskan sekarang ialah makanan. Tak ada pasokan listrik atau air." Pasar saham Jepang turun 3 persen Senin setelah serangkaian gempa bumi di kawasan tersebut, yang menjadi pusat manufaktur di Jepang selatan.

Indeks saham Nikkei tutup pada sesi pagi 3 persen lebih rendah, yang terkena menguatnyan nilai tukar yen dan karena para investor merasakan dampak dari bencana atas rantai pasokan dan asuransi.

Pabrik-pabrik perusahaan manufaktur besar termasuk Toyota, Sony dan Honda ditutup, mengganggu rantai suplai di negeri itu. (Antara/FC)

Loading Komentar....
loading...