fajarnews

Curah Hujan Masih Tinggi, BPBD Majalengka Ingatkan Warga Untuk Selalu Waspada

Redaksi : Andriyana | Selasa, 22 Maret 2016 | 22:16 WIB

Ist
Ilustrasi

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Curah hujan di wilayah Kabupaten Majalengka sampai Maret ini masih tinggi.Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya bencana alam,terutama longsor dan banjir. Karena itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka meminta warga untuk tidak mengendorkan kewaspadaanya.

Kepala BPBD Kabupaten Majalengka, H Tatang Rahmat mengatakan, saat ini curah hujan di wilayah Kota Angin masih cukup tinggi. Karena itu mereka yang bertempat tinggal di daerah perbukitan atau pegunungan untuk tetap waspada.

”Bencana alam tidak bisa diduga, dengan curah hujan yang masih tinggi kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada,” katanya, Selasa (23/3).

Peringatan ini kata dia bertujuan agar warga,terutama yang bermukim di daerah rawan longsor untuk tidak lengah, sehingga jika terjadi bencana tidak sampai menimbulkan jatuhnya korban.

Menurut Tatang, selama musim hujan di Kabupaten Majalengka telah terjadi sejumlah bencana alam, mulai banjir dan tanah longsor yang lokasinya tersebar. Untungnya sejauh ini bencana yang terjadi tidak sampai menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam hanya kerugian material, baik milik warga ataupun miik pemerintah daerah.

Kabupaten Majalengka, kata Tatang, menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang tergolong rawan terhadap bencana tanah longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Majalengka mencatat ada 20 daerah kecamatan yang masuk ke dalam daerah rawan bencana.

Dan dari 20 kecamatan tersebut, 15 kecamatan diantaranya masuk dalam zona rawan bencana tanah longsor. Ke 15 kecamatan yang dinilai rawan bencana longsor tersebut tersebar di sejumlah daerah di Majalengka selatan dan Majalengka tengah.

”Daerah tersebut yakni Kecamatan Lemahsugih, Malausma, Bantarujeg, Cingambul, Cikijing, Talaga, Banjaran, Argapura, Sukahaji, Maja, Sindang, Rajagaluh, Sindangwangi, Leuwimunding dan Kecamatan Majalengka,” jelasnya. (ABR)

Loading Komentar....
loading...