fajarnews

Pemerintah Desa Gandasari Lestarikan Tradisi Leluhur

Redaksi : Andriyana | Minggu, 20 Maret 2016 | 21:26 WIB

MUNADI
Kepala Desa Gandawesi bersama perangkatnya serta tokoh setempat foto bersama di depan kantor desa usai kegiatan panen perdana

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Meski masa jabatanya sebagai Kepala Desa Gandaweusi Kecamatan Ligung baru seumur jagung, namun Dodo Suhada telah melakukan banyak terobosan untuk memajukan desanya.

Semua aspek pembangunan menjadi prioritas bagi dirinya. Dari mulai pembangunan sarana fisik ataupun non fisik, seperti melestarikan  adat -istiadat desa.

Seperti yang Nampak pada Jumat (18/3) kemarin, Dodo Suhada bersama elemen masyarakatnya melakukan ziarah ke makam Mbah Nalabaya selaku pendiri Desa Beusi dan Desa Gandawesi. Kegiatan itu sekaligus menjadi tanda dimulainya panen perdana.

Hadir pada kegiatan ziarah kubur dan panen perdana itu, Ketua BPD Ayi, Kepala BP3K H. Edi Rediawanto, Babinsa, Babinkamtibmas, ketua dan anggota Karang Taruna, serta tokoh masyarakat Desa Gandawesi.
 
Kades Gandawesi, Dodo Suhada mengatakan, dirinya mengajak warga Desa Gandawesi dalam melaksanakan adat desa mapag Sri atau panen perdana diisi dengan hal-hal positif. Untuk  pesta panen sendiri baru akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

"Adat desa semacam panen perdana atau mapag Sri adalah adat turun-temurun yang perlu dilestarikan. Mari kita isi dengan hal- hal yang baik, hindari hal yang berbau hura hura. Ziarah kubur dan mendoakan para pelaku sejarah adalah momen yang tepat. Serta kewajiban kita selaku pewaris sejarah. Ingat kata Bung Karno Presiden pertama kita, JAS MERAH, (jangan sekali kali melupakan sejarah)," ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPD Ayi mengapresiasi kegiatan panen perdana yang dibarengi ziarah kubur ke makam leluhur. "Ini kegiatan yang positif dan perlu di pertahankan. Saya selaku Ketua BPD salut dan mendukung kegiatan ini. Hindari hal-hal yang mubazir. Pesta kita perlu, tapi jangan berlebihan,”pesanya dan diamini para sesepuh yang hadir.

Rencananya, dalam pesta panen raya yang akan digelar nanti, Pemdes Gandawesi akan  menghadirkan kesenian rakyat, yakni group sandiwara Candrasari dari Kabupaten Indramayu. 

MUNADI

Loading Komentar....
loading...