fajarnews

Sapa Warga Bukan untuk Belanja Masalah

Redaksi : Rosyidi | Jumat, 18 Maret 2016 | 12:00 WIB

WILDAN IW
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, memasukkan kunci motor gerobak sampah saat kegiatan Sapa Warga di Kelurahan Kebon Baru, Kamis (17/3).

Fajarnews.com, CIREBON- Program Sapa Warga yang menjadi andalan Pemerintahan Ano-Azis kembali digelar setelah sekian lama tidak hadir di tengah masyarakat. Berbeda dengan gaya alm. Ano menyapa warga, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis lebih ingin momen tersebut diisi dengan kerja bakti, untuk mengatasi masalah yang terjadi di masyarakat.

“Sapa Warga tak perlu berlebihan dengan disediakan tenda dan kursi, sound system, karena saya ingin Sapa Warga itu masyarakat dan pemerintah sama-sama kerja bakti, bukan terus-menerus dialog publik dan belanja masalah. Kalau disediakan makanan itu harus,” kata Azis dengan sedikit bercanda, saat kegiatan Sapa Warga di Kelurahan Kebon Baru, Kamis (17/3).

Setelah sekian lama tidak aktif, Azis mengatakan, Sapa Warga kali ini polanya sedikit diubah. Pola yang diinginkan adalah warga lebih giat dan aktif untuk melaksanakan kerja bakti. Bahkan, dirinya berharap dinas teknis yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, diharapkan terus mendampingi warga agar kerja bakti lebih maksimal.

Dia tidak ingin pola yang dikembangkan di Sapa Warga, lebih banyak belanja masalah dengan cara dialog publik. Baginya, ketika berdialog warga lebih banyak menyampaikan keluhannya dibandingkan dengan terjun ke lapangan untuk menuntaskan persoalan yang dialami.

“Kalau terus-terusan belanja masalah, kapan kerjanya. Kami ingin Sapa Warga ini lebih banyak manfaat dengan cara kerja bakti. Dengan kerja bakti turun ke lapangan, masih sempat dialog dengan publik. Saya ingin Sapa Warga berjalan alamiah saja, tanpa harus ada tenda dan kursi,” katanya.

Selain itu, saat sapa warga berlangsung, Azis juga menyarankan kepada pengurus RW dan lurah untuk tidak perlu menunggu kedatangannya, mengingat dirinya sedang ada tugas yang perlu diselesaikan lebih dulu. Akan tetapi, Azis menginstruksikan kepada SKPD terkait mendampingi warga melakukan kerja bakti.

“Seperti hari ini, yang harusnya saya datang pukul 09.30, tetapi baru bisa hadir pukul 10.30 WIB. Bukan karena saya terlambat datang atau tidak tepat waktu, karena sejak pagi banyak agenda yang perlu saya selesaikan di tempat yang lain. Dari pukul 07.00 WIB saya sudah bekerja,” katanya.

Saat Sapa Warga berlangsung, Azis berkesempatan secara simbolis memberikan kunci motor gerobak sampah untuk membantu kinerja warga menggalakkan program Kota Cirebon bersih dan hijau. Dia berharap, bantuan dari Pemkot Cirebon membantu warga dengan gerobak sampah dapat merealisasikan visi Cirebon Kota RAMAH 2018.

“Saya berharap adanya motor gerobak sampah ini dimanfaatkan secara tepat sasaran dan digunakan sebaik-baiknya, jangan sampai kekuatannya hingga lima tahun, tapi baru dipakai satu tahun sudah rusak. Jangan digunakan untuk membawa yang lain kecuali sampah,” katanya.*

 

WILDAN IBNU WALID

Loading Komentar....
loading...