fajarnews

Meski Sebagian, Warga Cirebon Antusias Saksikan Gerhana Matahari

Redaksi : Andriyana | Rabu, 9 Maret 2016 | 18:05 WIB

HASAN
Warga sedang meyaksikan gerhana matahari di pantai Kejawanan Kota Cirebon, Rabu (9/3).

Fajarnews.com, CIREBON- Tidak seperti di kota-kota yang dilewati gerhana matahari total (GMT), pulau Jawa khususnya Kota Cirebon hanya dapat melihat gerhana matahari sebagian. Meski sebagian, antusias masyarakat untuk melihat fenomena tersebut sangat tinggi.

Hal tersebut terlihat di pantai Kejawanan yang terletak di Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, masyarakat berkumpul untuk melihat fenomena alam yang datangnya sangat langka itu.

Salah satu warga yang sedang melihat atau meneropong gerhana matahari Abah mengatakan, dirinya bersama anaknya datang ke pantai Kejawanan bertujuan untuk melihat fenomena alam yang langka yakni gerhana matahari.

“Ini fenomena alam sangat langka yang datangnya puluhan bahkan ratusan tahun sekali, sebab itu, dari pagi setalah subuh saya dan anak saya datang ke sini dengan membawa kamera dengan lensa khusus untuk melihat dan mengabadikan gerhana matahari,” kata Anto disela-sela melihat pergerakan bulan yang mendekati matahari, Rabu (9/3).

Seperti yang sudah diinformasikan pihak BMKG Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Fenomena gerhana matahari kali ini tidak total melainkan sebagian. Hal tersebut terjadi karena jalur gerhana matahari total berada pada wilayah-wilyah 0 derajat/ekuator lintang selatan atau lintang utara dan sekitarnya, kalau wilayah pulau Jawa atau Cirebon letak wilayahnya berada di 6-8 derajat lintang selatan.

Sementara itu, salah satu warga lain yang menyaksikan fenomena gerhana matahari di pantai kejawanan Titin mengatakan, dirinya beserta suami dan anak-anaknya sengaja datang ke pantai, selain untuk mengisi waktu libur hari raya Nyepi, sekaligus untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari.

“Mumpung libur, saya dan suami mengajak anak-anak untuk main ke pantai, dan kebetulan hari ini terjadi fenomena alam gerhana matahari. Jadi, sekalian melihat langsung dari pantai, sebab di pantai terlihat jelas langit dan cahaya matahari tanpa terhalang pohon dan gedung. Tetapi, saya tidak ada persiapan apapun, seperti kacamata khusus melihat gerhana, kami hanya menggunakan kacamata hitam seadanya dan kertas atau bahan poto rontgen, saya rasa cukup aman karena di Cirebon gerhana mataharinya tidak total,” katanya.

M. HASAN HIDAYAT

Loading Komentar....
loading...