fajarnews

Ratusan Warga Belajar PKBM Samiaji Patrol Ikuti UTS

Redaksi : Iwan Surya Permana | Senin, 7 Maret 2016 | 08:20 WIB

Robi Cahyadi
KETUA PKBM Samiaji Patrol, Warganda memberikan pengarahan kepada para WB usai kegiatan UTS untuk pelaksanaan proses KBM selanjutnya dan kesiapan mengikuti UN.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Samiaji Patrol, menggelar Ujian Tengah Semester (UTS) yang diikuti ratusan warga belajar (WB) tahun pelajaran 2015/2016 di ruang belajar SMA PGRI Patrol selama 2 hari, Kamis-Jumat (3-4/3).

Ketua PKBM Samiaji Patrol, Warganda mengatakan, UTS  merupakan kegiatan regular yang harus dilaksanakan penyelenggara pendidikan baik formal maupun non formal untuk mengevaluasi sejauh mana daya serap peserta didik dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) sebelum berakhirnya masa semester.

Disamping itu, lanjut Warganda, nilai yang diperoleh dari UTS juga dapat dijadikan sebagai kelengkapan perolehan nilai disertai dengan nilai ulangan harian dan nilai UAS yang akan dirangkum dan dicantumkan pada nilai rapor.

Warganda mengatakan, jumlah calon peserta Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 140 WB untuk kejar paket C dan 70 WB kejar paket B. Sedangkan untuk calon peserta ujian kejar paket A sebanyak 15 WB, yang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelaksanakan UN pendidikan formal untuk masing-masing jenjang baik SD, SMP maupun SMA.

Senada dikatakan Kasie Kurikulum PKBM Samiaji, Rastilah. Menurutnya, pelaksanaan UTS pada penyelenggaraan pendidikan non formal yang dilakukan PKBM Samiaji berorientasi pada kemampuan akademik siswa, sebagai bentuk implementasi kegiatan pada proses KBM.

“Selain untuk mengukur kemampuan daya serap siswa juga sebagai bahan evaluasi proses KBM dan dijadikan tolak ukur sejauh mana  pencapaian target materi yang disampaikan tutor kepada para WB, karena tingkat keberhasilan daya serap bukan hanya dari pihak WB saja melainkan dari tingkat keberhasilan tutor juga perlu dipertimbangkan,” ujarnya. 

Robi Cahyadi

 

Loading Komentar....
loading...