fajarnews

Imunisasi Halal untuk Kemaslahatan Manusia

Redaksi : Rosyidi | Kamis, 4 Februari 2016 | 10:38 WIB

tvrinews.com
Ilustrasi imunisasi.

Fajarnews.com, CIREBON- Pemberian imunisasi campak, folio, cacar, difteri dan sejenisnya kepada anak merupakan sebuah ikhtiar (usaha) yang dilakukan manusia, dalam pencegahan terhadap sebuah penyakit. Karena memang, usaha itu salah sikap yang wajib ditempuh siapa pun, apapun agamanya, termasuk pemberian imunisasi.

Hal itu diungkapkan tokoh agama yang juga anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Fraksi PKB, Muntakhobul Fuad kepada sejumlah wartawan saat ditemuai di Gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Rabu (3/2).

“Pemberian imunisasi itu kan, sama dengan ikhtiar yang harus dilakukan oleh orang yang beriman. Dan bagi umat muslim, karena memang itu sebuah usaha dalam kesehatan untuk meneruskan kehidupan, untuk beribadah maka boleh dan halal,” kata Fuad.

Menurutnya, kalaupun ada satu pandangan dimasyarakat kita  bahwa tidak boleh memakai alat-alat, obat-obatan modern, karena memang produk itu bukan dibuat sendiri, sehingga tidak diketahui persis kandungan atau zat-zat di dalamnya, hal itu tidak masalah

“Kalaupun sampai tahu sesuatu itu ada kandungan lemak babi, tetapi karena hanya itu obatnya untuk menyembuhkan penyakit itu, ya tidak masalah, karena memang ada pengecualian. Dan ini tidak bisa kita tolak, karena untuk kebaikan dan kemaslahatan umat,” jelasnya.

Dengan adanya imunisasi ini, menurut Fuad, untuk memaksimalkan angka harapan hidup manusia. Bila angka harapan hidupnya tinggi, angka harapan hidupnya panjang, otomatis akan menambah beribadah secara maksimal.

“Imunisasi ini sangat boleh dan diharuskan, karena memang untuk melindungi anak dan cucu-cucu kita dari penyakit. Dan tidak haram karena memang untuk kemaslahatan umat manusia, dan saya yakin MUI telah melakukan sosialisasai ini,” pungkasnya.*

 

SUHANAN

Loading Komentar....
loading...