fajarnews

Puskesmas Ligung Launching Program Pelayanan Penyakit Kronis

Redaksi : Andriyana | Jumat, 29 Januari 2016 | 23:30 WIB

MUNADI
-

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan, Puskesmas Ligung Kabupaten Majalengka melaunching Program Pelayanan Penyakit Kronis (PROLANIS), Jum'at (29/1). Acara launcing PROLANIS tersebut di laksanakan di aula PGRI Kecamatan Ligung.

Dalam acara launcing ini Kepala Puskesmas Ligung, Endang Triyana menjelaskan, PROLANIS adalah sebuah program untuk masyarakat khususnya pemegang kartu BPJS untuk mengetahui penyakit apa saja yang mana kala sakit/berobat biaya nya di tanggung oleh BPJS.

"Tidak semua penyakit yang dalam pengobatannya di tanggung oleh BBJS. Hanya ada dua penyakit kronis yang di kaper pembiayaan nya oleh BPJS yaiti gula darah atau diabetes dan darah tinggi atau hipertensi," kata Endang.

Lebih lanjut Endang menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi bahaya penyakit kronis tersebut, antara lain harus mengatur pola makan yang sehat dan teratur serta cek kesehatan secara berkala.

"Puskesmas Ligung dalam hal ini bekerja sama dengan pihak BPJS untuk memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang jenis penyakit kronis yang pembiayaannya dicover oleh BPJS," jelas Endang.

Dalam kegiatan itu seluruh peseera BPJS yang hadir dilakukan tes gula darah dan tensi darah. Di samping itu pula pihak Puskesmas memberikan program senam untuk mencegah penyakit kronis tersebut.

Nani (36), ibu rumah tangga yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, dirinya hadir pada kegiatan ini di samping ikut senam PROLANIS dan pemeriksaan tensi juga agar lebih tahu tentang hak dan kewajiban sebagai pemegang kartu BPJS.

"Ternyata tidak semua pengobatann di tanggung oleh BPJS. Namun ada juga yang harus di tanggung sendiri manakala berobat," cetus Nani.

MUNADI

Loading Komentar....
loading...