fajarnews

11.750 Personel Siap Amankan Pilkada Indramayu

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 8 Desember 2015 | 07:40 WIB

AGS
KABAG OPS Komisaris Gotam Hidayat memimpin upacara pergeseran pasukan (serpas) untuk pengamanan Pilkada Indramayu di halaman Mapolres Indramayu.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Sebanyak 11.750 personel  yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas dikerahkan untuk mengamankan Pilkada serentak di Kabupaten Indramayu. Mereka dilepas secara resmi untuk mengantisipasi tingkat kerawanan Pilkada di halaman Mapolres Indramayu, Senin (7/12).

“Pengerahan pasukan ini dilakukan untuk mengamankan proses jalannya Pilkada serentak yang akan berlangsung, dengan menggunakan skala prioritas di beberpa lokasi yang dianggap rawan terjadi gesekan,” ujar Kapolres Indramayu, AKBP Wijonarko didampingi Kabag Ops Komisaris Gotam Hidayat usai memimpin upacara pergeseran pasukan (serpas).

Dia mengatakan, 11.750 personel tersebut terdiri dari 1.225 personel jajaran Polres Indramayu, BKO dari Brimob Polda Jabar satu SSK, satu SST Anarkhis, ditambah satu SSK Dalmas Polda. Kemudian 300 personel polres tertangga seperti Cirebon Kota, Cirebon Kabupaten, Kuningan, Majalengka dan Subang serta 333 personel TNI Kodim,  dan 9.793 personel Linmas.

Ribuan anggota ini, kata Wahyu, disebar ke 171 desa di 31 kecamatan se-Indramayu yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak dengan calon kuwu  sebanyak 515 orang. "Mereka akan disebar ke tiga wilayah yakni barat, tengah dan timur. Kami meminta kepada personel pengamanan setelah apel ini untuk segera menuju lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Tujuannya agar mereka mengenali situasi, dinamika maupun para panitia penyelenggaranya di masing-masing wilayah dengan tingkat kerawanan masing masing," ujarnya. 

Sementara untuk pola pengamanan sendiri, untuk wilayah aman akan ditempatkan 5 anggota polisi, 2 TNI, 1 Pol PP dan 2 Linmas. Sedangkan yang rawan 8 polisi, 2 TNI, 1 Pol PP dan 2 Linmas. Dan untuk personel BKO dari Brimob dan Dit Shabara Polda Jabar akan ditempatkan dalam ikatan peleton di beberapa polsek yang dianggap rawan. “Para personel ini akan disebar di 2.781 tempat pungutan suara (TPS) di 31 kecamatan,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk berperan aktif demi menciptakan kodusifitas daerah termasuk ikut menyukseskan jalannya Pilkada Indramayu ini. "Pilkada ini merupakan pesta demokrasi dalam rangka memilih pemimpin di tingkat daerah. Untuk itu kami meminta sama-sama menjaga agar berjalan luber, jurdil serta aman dan tertib," pungkasnya. (AGS)

 

Loading Komentar....
loading...