fajarnews

Kemarau Bawa Berkah bagi Petani Kacang Hijau

Redaksi : Iwan Surya Permana | Senin, 9 November 2015 | 07:40 WIB

ADH
PETANI KACANG hijau, Asikin tengah menjemur kacang hijau hasil panenannya.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Musim kemarau ternyata tak selama membawa dampak buruk bagi lingkungan. Buktinya, sejumlah petani kacang hijau di Desa Gintung Ranjeng, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon justru mendapat berkah dengan datangnya musim kemarau belakangan ini. Pasalnya, harga kacang hijau di pasaran kini tengah melambung.

”Panen kali ini membuat petani cukup senang, karena harga kacang hijau lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Dari seperempat hektare lahan yang kami tanami, kami bisa menghasilkan 7 kuintal. Ini lebih baik dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 6 kuintal,” kata petani kacang hijau Desa Gintung Ranjeng, Asikin saat menjemur kacang hijaunya, Minggu (8/11).

Jumlah tersebut, kata dia, bisa saja bertambah. Karena tanaman kacang hijau bisa panen berulang-ulang. Pada panen pertama, kacang hijau tidak dipetik semua, karena sebagian masih ada yang muda sehingga ditinggalkan terlebih dahulu untuk dipanen berikutnya.

Dari hasil penjualan kacang hijau yang saat ini harganya mencapai Rp 14.000 per kilo, petani mendapatkan untung lebih dari Rp 2 juta dari seperempat hektare lahannya. Keuntungan tersebut setelah dipotong biaya untuk para pekerja yang memetik kacang hijau dan modal pembelian bibit. ”Tanaman kacang hijau memang bisa dipanen tiga kali. Namun biasanya, untuk panen yang kedua dan ketiga kalinya tidak sebanyak hasil panen yang pertama,” ujarnya.

Para petani kacang hijau mengaku jika panen tahun ini cukup berhasil. Sebab, tahun lalu tanaman kacang hijau mayoritas terserang hama karena musim yang tak tentu. “Semula harganya Rp 13.000 per kilogram, kini harganya melonjak naik menjadi Rp 14.000 per kilogram. Bahkan untuk yang super bisa menjadi Rp 15.000 ribu per kilogram,” jelas Asikin.

Hal yang sama disampaikan petani lainnya, Saroh. Ia mengatakan setiap musim kemarau, memang petani kacang hijau selalu mendapatkan untung, karena tanaman kacang hijau tumbuh subur di musim kemarau. “Tahun kemarin kacang hijau banyak terserang hama sehingga banyak yang busuk, dan isi dalam satu tangkainya sangat sedikit sehingga hasilnya kurang maxsimal. Jauh dibandimgkan tahun sekarang,” kata Saroh. (ADH)

 

Loading Komentar....
loading...