fajarnews

Pagelaran Tarling Abdul Adjib Dorong Generasi Muda Lestarikan Seni Budaya

Redaksi : Andriyana | Senin, 31 Agustus 2015 | 23:24 WIB

WIN
Pagelaran tarling bertajuk mengenang sosok Abdul Adjib di Gedung Nyimas Rarasantang, Senin (31/8)

Fajarnews.com, CIREBON- Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon mengatakan, pagelaran seni tarling Abdul Adjib ini bertujuan mendorong generasi muda khususnya para pelajar untuk mengenal dan mengetahui kesenian tarling dan sosok Abdul Adjib ini, sekaligus mengenalkan pada masyarakat luas.

“Jangan sampai tokoh tarling Abdul Adjib ini hilang, terus musik tarlingnya juga ikut hilang. Kepada generasi muda jangan terbuai dengan budaya asing, tetapi kenalilah budaya sendiri, khususnya budaya Cirebon,” ungkap Disporabudpar Kota Cirebon, Dana Kartiman saat ditemui fajarnews.com usai pagelaran taling Abdul Adjib di Gedung Nyimas Rarasantang, Senin (31/8).

Menurut dia, Abdul Adjib ini ialah sosok seniman tarling ini serba bisa, selain pandai membuat musik tarling, dia juga bisa membuat drama, wangsalan atau pantun-pantun berbahasa Cirebon. Dia itu selalu membuat kreasi dibidang kesenian tarling tersebut, dan sekitar 300 karya yang dihasilkan beliau dalam bentuk seni musik tarling.

“Para pelajar bisa mengambil contoh dari kreativitas seniman tarling ini, bisa saja generasi muda kedepan membuat sebuah terobosan baru dengan membuat musik orkestra dari musik tradisional, seperti tarling yang digabung dengan gamelan, gong, kendang, suling dan alat musik tradisional lainnya,” papar Dana.

Pagelaran tarling bertajuk mengenang karya Abdul Adjib ini dihadiri oleh para pelajar, Komisi C DPRD Kota Cirebon, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Sultan Kasepuhan dan masyarakat. Sosok Abdul Adjib kelahiran tanggal 9 September 1942 itu sudah terjun ke dunia tarling pertunjukan sejak tahun 1970 hingga wafatnya pada tanggal 26 Februari 2011.

“Kegiatan pagelaran ini bisa mendorong generasi muda untuk melestarikan seni budaya, seperti tarling ini, dan mendorong seni tarling ini menjadi mata pelajaran muatan lokal di Cirebon, lestari itu bukan dengan ucapan saja, tapi harus dengan aksi,” harapanya.

Sementara itu, Sultan Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat menyampaikan, sangat apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap pagelaran tarling ini. Kata dia, seni budaya ini harus terus diangkat, agar generasi muda bisa mengenal dan mengetahui sosok Abdul Adjib beserta musik yang dihasilkannya.

Kemudian, lanjut Arief, diadakan pagelaran yang dikreasikan Disporabudpar ini, diharapkan bisa mengangkat kesenian tersebut. Seniman yang berjasa itu perlu diapresiasi, karena telah mengangkat seni dan potenai daerah, lagu drama terkenal milik Abdul Adjib itu ialah Baridin dan Kiser Sayidah.

“Sosok Abdul Adjib pernah diberi penghargaan dari Menkokesra yang dilaksanakan di Keraton Kasepuhan pada tahun 2012, karena beliau telah menggeluti kesenian tarling ini sampai akhir hayatnya,” katanya. (WIN)

Loading Komentar....
loading...