fajarnews

Antisipasi Gesekan Antar Umat, Tokoh Agama Tandatangani Kesepakatan Bersama

Redaksi : Rosyidi | Jumat, 24 Juli 2015 | 21:35 WIB

AGS
Berbagai elemen masyarakat dari Polres Indramayu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para tokoh agama menandatangani kesepakatan bersama di Aula Atmani Polres Indramayu, Kamis (23/7).

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Polres Indramayu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para tokoh agama menandatangani kesepakatan bersama di Aula Atmani Polres Indramayu, Kamis (23/7).

Kesepakatan tersebut sebagai antisipasi terjadinya gesekan antar umat beragama imbas peristiwa intoleransi yang terjadi di Tolikara Papua.

Acara itu dihadiri sejumlah unsur Muspida di Kabupaten Indramayu di antaranya Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah beserta para tokoh lintas agama.

Menurut Kapolres Indramayu, AKBP Wijonarko, kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gesekan antara kelompok dan umat beragama menyusul insiden pembakaran tempat ibadah di Tolikara, Papua.

Sehingga dengan kegiatan tersebut, pihaknya berharap tidak ada sesuatu yang bisa menggangu stabilitas dan kondusifitas di wilayah hukum Polres Indramayu.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadi gesekan antara kelompok dan umat beragama menyusul terjadinya aksi pembakaran umat beribadah di Tolikara, Papua agar tidak terjadi dan berdampak ke daerah Indramayu,” ujarnya.

Untuk itu, kata Wijonarko, pihaknya menggelar kegiatan tersebut sekaligus melakukan halal bihalal bersama unsur Muspida Indramayu dan tokoh lintas agama dengan tujuan untuk menyamakan persepsi antara umat berbeda agama di Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Indramayu, H Juhadi dalam sambutanya mengatakan bahwa tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk melakukan kekerasan. Melanikan agama mengajarkan bagaimana untuk menjaga kemanan dan kondusifitas di masyarakat.

“Untuk itu mari kita bersama-sama jaga ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah Wathoniyah di dalam masyarakat karena Islam itu damai,” ujarnya. (AGS)

Loading Komentar....
loading...