fajarnews

Infrastruktur di Jatibarang belum Diperbaiki

Redaksi : Rosyidi | Senin, 13 April 2015 | 16:06 WIB

IEM
Salah satu rumah terdampak banjir di Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, terlihat memprihatinkan.

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Kondisi infrastruktur di lokasi pusat banjir dua bulan silam di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu belum sepenuhnya pulih seperti sediakala.

Jalan yang rusak akibat terjangan air yang menerabas tanggul Sungai Cimanuk waktu itu masih terlihat rusak parah. Bahkan rumah para korban belum sepenuhnya diperbaiki.

Camat Jatibarang, D Darpadi menuturkan, warga Jatibarang terganggu dengan kerusakan sejumlah jalan pascabanjir yang terjadi di wilayahnya beberapa bulan silam.

“Beberapa ruas jalan Desa Pilangsari di sepanjang pinggir tanggul Sungai Cimanuk mengalami kerusakan parah dan secepatnya harus tertangani agar aktivitas masyarakat tidak terganggu,” ungkapnya, Jumat (10/4).

Menurutnya, saat ini pihaknya sudah menyampaikan kepada Anggota DPRD Indramayu dan Dinas PU Bina Marga untuk segera membuat perencanaan tanggap masalah pascabencana dan mengupayakan rehabilitasi infrastruktur yang sangat dibutuhkan warga di wilayahnya.

“Termasuk kondisi infrastruktur jalan desa di Jatibarang Baru juga mengalami rusak parah, semestinya harus diambil solusi,” tuturnya.

Ia berharap, Pemerintah melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS-CC) turut serta merehabilitasi infrastruktur pascabencana.

Termasuk memperbaiki belasan rumah yang ambruk akibat diterjang banjir.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Indramayu, Oemarsyah mengatakan, pihaknya akan melakukan survei lapangan terhadap potensi kerusakan infrastruktur jalan yang ada di wilayah pusat bencana.

Kendati demikian, pihaknya belum menemukan alokasi anggaran yang nanti digunakan untuk merehabilitasi kerusakan itu.

“Karena selama ini tidak ada masuk anggaran bantuan pascabencana dari Pemerintah pusat, tentunya kita nanti akan upayakan pada perubahan anggaran APBD 2015,” tuturnya.

Ia juga mengatakan belum mendapatkan kepastian tentang kewenangan pihaknya untuk memperbaiki ruas jalan yang ditentukan.

Namun demikian, pihaknya tetap akan menyampaikan masalah tersebut kepada Komisi D DPRD Indramayu, yang merupakan mitra kerjanya. (IEM)

 

Loading Komentar....
loading...