fajarnews

Melegenda, Makam Baridin dan Suratminah Memprihatinkan

Redaksi : Rosyidi | Sabtu, 7 Maret 2015 | 07:37 WIB

ADH
Seorang penjaga senantiasa rutin membersihkan makam Baridin dan Suratminah yang berada di Blok Baridin, Desa Jagapura Kulon, Kec. Gegesik, Kab. Cirebon, Jumat (6/3).

Fajarnews.com, CIREBON- Anda orang Cirebon? Pasti pernah mendengar nama Baridin dan Suratminah. Dua tokoh utama dalam kisah rakyat tentang kemat alias pelet itu memang benar-benar melegenda.

Tetapi, tahukah Anda kalau tokoh Baridin dan Suratminah itu pernah benar-benar hidup di tengah masyarakat dan bukan sekadar tokoh rekaan dalang tarling?

Setidaknya itulah yang diyakini sejumlah warga Desa Jagapura Kulon, Kec. Gegesik, Kab. Cirebon. Buktinya, mereka meyakini bahwa dua buah pusara yang ada di desa mereka, tepatnya di Blok Baridin RT 01/03,  adalah kuburan Baridin dan Suratminah.

Sayang, saat ini kondisi kedua makam tersebut sangat memprihatinkan, tidak terurus, terbengkalai, kumuh dan tampak muram.

"Makam dua tokoh legenda ini sudah  lama sekali tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Padahal, dulu sempat ditembok agar orang yang berziarah bisa lebih nyaman," kata Jadid, kuncen makam Baridin, Jumat (6/3).

Menurutnya, makam itu berada di tanah milik orang tuanya. Saat ditemukan, kedua kuburan masih berbentuk tumpukan bata saja. Tetapi semenjak diyakini bahwa itu makam Baridin dan Suratminah, keluarga Jadid dan warga membangun kuburan itu dengan bentuk layaknya kuburan dengan menggunakan adukan semen.

"Kami tidak tahu persis kuburan itu ditemukan pada tahun berapa, karena hanya orang tua kami  yang tahu persis. Kami pun bisa mengetahuinya tatkala banyak peziarah datang ke sini untuk berdoa di makam Baridin ini," ujarnya.

Jadid juga menjelaskan, banyak sekali peziarah yang datang ke tempat itu. Seperti dari Indramayu, Sumedang, Bandung, Jakarta bahkan dari Lampung. Tokoh tarling Abdul Ajid (alm) pun sering datang ke tempat itu untuk berziarah.

"Almarhum Abdul Ajid juga sering datang ke sini, apalagi saat almarhum akan memerankan tokoh Baridin dalam cerita tarlingannya. Selain itu, pernah datang pula untuk berziarah, paranormal terkenal, Ki Kusumo," ungkapnya. (ADH)

 

Loading Komentar....
loading...